Tips Kuliah Sambil Kerja Yang Patut di Coba

Tips Kuliah Sambil Kerja Yang Patut di Coba


Kalau biasanya hanya perluberpikir bagaimana menyelesaikan tugas di pekerjaan dengan baik, setelahmemutuskan berkuliah, juga harus mengerti bahwa ada tanggung jawab lain, yaitubeban studi perkuliahan yang harus diselesaikan. Agar kuliah bisa lancar dan pekerjaantidak terlantar, terapkan kiat-kiat berikut ini.

 

1. Komunikasikan dengan PerusahaanAnda Bekerja

Hal pertama adalah komunikasikanpada perusahaan. Bisa lewat atasan atau langsung ke bagian kepegawaian (HRD)tempat Anda bekerja. Dengan mengomunikasikan ini, ada keuntungan tersendiri.Biasanya perusahaan akan mendukung dan bisa jadi Anda mendapatkan dukunganmaksimal dalam bentuk pembiayaan kuliah misalnya.

Tentu saja akan ada kompensasiyang dikehendaki pihak perusahaan. Kebanyakan dalam bentuk penambahan kontrakdan sejenisnya. Tapi, pada dasarnya, hal ini wajar sebagai bentuk kerja samayang saling menguntungkan antara karyawan dan perusahaan.

 

2. Atur Waktu Kuliah Anda

Langkah berikutnya yang harusdiperhatikan adalah jadwal. Jangan sampai bertabrakan antara kebutuhan kerjadan perkuliahan. Pilih kampus dengan kelas karyawan yang bisa menyesuaikandengan jadwal kerja, seperti misalnya penyelenggaraan kuliah pada malam hariatau sejenisnya. Bila ada jadwal yang bentrok antara kuliah dan kerja, pastikanuntuk sudah mengomunikasikan dengan pihak-pihak terkait.

 

3. Pertimbangkan Beban BiayaKuliah

Pertimbangan biaya juga adalahpertimbangan yang penting. Jangan sampai memangkas terlalu banyak kebutuhan danakhirnya kebutuhan pribadi dan kuliah jadi terbengkalai. Ada baiknya kalau bisamendapatkan beasiswa dari perusahaan atau dukungan finansial.

 

4. Jurusan yang Sesuai (Linear)dengan Profesi

Pilih jurusan yang linear denganprofesi. Ini akan sangat baik karena bisa menjadi dukungan dalam pengembangankarier anda. Selain itu, perusahaan juga akan melihat potensi sehingga Andamendapat dukungan karier anda

 

 

5. Jaga Performa Kerja,Kesehatan, dan Perkuliahan

Seperti dikemukakan di awal,tanggung jawab akan jadi ganda, yang pastinya lebih berat. Tetapi, yang harusdisadari adalah tak boleh mengurangi performa kerja atau mengganggu kesehatan.Jadi, pikirkan matang-matang supaya distribusi kegiatan berjalan dengan baikdan semua mendapatkan porsi perhatian yang cukup.